cover
Contact Name
Rahmita Nurul Muthmainnah
Contact Email
rahmita_nurul@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
fibonacci@umj.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
ISSN : 24607797     EISSN : 26148234     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2023): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika" : 10 Documents clear
ANALISIS ASPEK NORMA SOSIOMATEMATIK BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS Adjeng Nabila Saskiya; Hikmatul Khusna
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 9, No 1 (2023): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.9.1.13-26

Abstract

Norma sosiomatematik merupakan suatu norma yang menyatakan kecerdasan sosial yang dimiliki oleh setiap peserta didik dan sangat mudah untuk dikembangkan. Hal ini karena norma sosiomatematika berkaitan dengan kegiatan interaksi dan negosiasi antar setiap individu yang satu dengan yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyadari bagaimana analisis aspek norma sosiomatematik berdasarkan kemampuan berpikir kreatif matematis yang dimiliki oleh peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tiga subjek penelitian diambil dari 30 peserta didik yang telah mengerjakan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Selanjutnya, subjek diambil berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat bahwasannya peserta didik yang memperoleh kategori tinggi saat pelaksanaan tes maka hasil angketnya tinggi pula yaitu dengan 80 skor, peserta didik dengan kategori sedang saat pelaksanaan tes maka hasil angketnya sedang pula yaitu dengan 72 skor, dan peserta didik yang termasuk kategori rendah hasil angketnya juga rendah dengan 70 skor. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwasannya  setiap individu yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis tinggi juga memiliki aspek norma sosiomatematik yang tinggi dikarenakan peserta didik dapat memenuhi semua indikator norma sosiomatematik, kemudian setiap individu yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis  sedang pun memiliki aspek norma sosiomatematik yang sedang dikarenakan peserta didik hanya menangkup 3 indikator dari 5 indikator yang ada  dan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis rendah juga memiliki aspek norma sosiomatematik yang rendah pula dikarenakan hanyamemenuhi 2 indikator dari 5 indikator yang ada
OPTIMISASI RUTE PADA CVRP DALAM PENDISTRIBUSIAN GAS OKSIGEN MENGGUNAKAN ALGORITMA CLARKE AND WRIGHT SAVINGS Fheby Moudya; Niken Rarasati; Wardi Syafmen
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 9, No 1 (2023): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.9.1.105-118

Abstract

Dalam proses pendistribusian, suatu perusahaan perlu menjaga kepercayaan serta menambah jumlah customer supaya bisa bertahan dalam persaingan industri. Salah satu upaya untuk meningkatkan hal tersebut bisa dengan memberikan pelayanan dengan melakukan perjalanan pengantaran sesuai permintaan dengan tepat waktu dan efisien. PT. Rezeki Surya Gasindo adalah perusahaan yang bergerak dibidang kesehatan dalam pembuatan gas oksigen dimana untuk customernya tersebar di beberapa wilayah di Kota Jambi. Permasalahan yang terjadi yaitu perusahaan mengirimkan gas oksigen dengan tidak memaksimalkan kapasitas angkut yang dimiliki oleh tiap-tiap kendaraan ditambah lagi rute yang masih digunakan untuk proses pengantaran ini hanya berdasarkan pengalaman driver tanpa mempertimbangkan jarak yang dilewati dan waktu tempuh selama di perjalanan. Hal ini nantinya akan berdampak pada keterlambatan pengantaran gas oksigen. Salah satu jenis VRP yang digunakan untuk permasalahan ini yaitu Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). Permasalahan CVRP pada PT. Rezeki Surya Gasindo dapat dirampungkan dengan Algoritma Clarke and Wright Savings. Algoritma ini dipakai untuk menetapkan rute distribusi dengan cara mengidentifikasi matriks jarak dan mengidentifikasi matriks penghematan, mengalokasikan lokasi customer ke dalam rute berdasarkan permintaan customer dan kapasitas kendaraan, serta mengurutkan lokasi customer dalam rute yang sudah terbentuk. Untuk menemukan jarak yang optimal dan biaya distribusi yang minimum pengurutan akan dilakukan menggunakan dua metode yaitu Nearest Insert dan Nearest Neighbour. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pada rute awal terdapat 7 rute maka setelah dilakukan perhitungan dapat dikurangi menjadi 4 rute sesuai dengan banyak kendaraan yang dimiliki perusahaan. Jarak tempuh kendaraan dapat diperpendek sebesar 92,7 km atau 44,08% dan biaya distribusi dapat dikurangi sebesar Rp. 599.760. 
PROFIL BERPIKIR ALJABAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN GENERALISASI DAN BERPIKIR DINAMIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FI-FD Khusna Alfi Muyassaroh; Masduki Masduki
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 9, No 1 (2023): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.9.1.27-42

Abstract

Kemampuan berpikir aljabar sangat diperlukan untuk membantu siswa menyelesaikan masalah matematika terutama permasalahan yang berkaitan dengan bentuk aljabar. Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki kemampuan berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 42 siswa kelas 8 pada salah satu SMP swasta di Surakarta. Instrumen yang digunakan yaitu tes GEFT, soal tes berpikir aljabar, dan pedoman wawancara. Delapan subjek, masing-masing 4 subjek pada gaya kognitif FI dan FD dipilih secara purposive untuk dilakukan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti membatasi menganalisis kemampuan berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan permasalahan terkait generalisasi dan berpikir dinamis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif Field Independent mampu menyelesaikan permasalahan terkait generalisasi dan berpikir dinamis. Sedangkan, siswa dengan gaya kognitif Field Dependent mampu menyelesaikan soal generalisasi namun belum mampu menyelesaikan permasalahan terkait berpikir dinamis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir aljabar berkaitan dengan gaya kognitif siswa
PENERAPAN KODE REED SOLOMON PADA KRIPTOSISTEM MCELIECE Rizki Eka Oktavia; Putranto Hadi Utomo; Titin Sri Martini
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 9, No 1 (2023): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.9.1.79-88

Abstract

Era modern ini, keamanan pesan dalam suatu transmisi tergolong lemah. Berbagai algoritme kriptosistem rentan dipecahkan oleh komputer kuantum yang mampu menyelesaikan perhitungan lebih cepat dibanding komputer konvensional. Kriptosistem McEliece tergolong aman digunakan pasca komputer kuantum karena memanfaatkan kode pengoreksi eror. Algoritmenya didasarkan pada penambahan eror pada pesan sehingga pesan tersandi dan tidak dapat diserang oleh pihak lain. Kode Reed Solomon merupakan kode berbasis koreksi eror dengan parameter tertentu. Pada artikel ini akan dijelaskan penerapan kode Reed Solomon dengan panjang 15 bit yang dapat mengoreksi hingga 3 eror pada kriptosistem McEliece.
ANALISIS LITERASI STATISTIS MAHASISWA KONTEKS PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATISNYA M. Hafiz; Khamida Siti Nur Atiqoh
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 9, No 1 (2023): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.9.1.63-78

Abstract

Literasi statistis adalah salah satu hardskill matematik yang harus dimiliki mahasiswa calon jurnalis. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan literasi statistis mahasiswa berdasarkan komponen keterampilan membaca, pengetahuan statistika, pengetahuan matematika, pengetahuan konteks, dan keterampilan mengevaluasi informasi melalui pertanyaan kritis dan mendeskripsikan gambaran literasi statistis mahasiswa ditinjau dari tingkat resiliensi matematisnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis non-eksperimental deskriptif. Subjek penelitian adalah 38 orang mahasiswa di program studi Jurnalistik diperoleh dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dialksanakan pada bulan September 2021. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes literasi statistis dan skala resiliensi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen literasi statistis dengan capaian tertinggi adalah pengetahuan konteks dan terendah adalah pertanyaan kritis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dari 5 komponen capaian literasi statistis mahasiswa hanya 1 komponen yang termasuk kategori baik yaitu pengetahuan konteks sedangkan 4 lainnya termasuk kategori kurang dan perlu ditingkatkan. Selanjutnya secara deskriptif capaian masing-masing komponen literasi statistis antara mahasiswa dengan resiliensi tinggi dan sedang tidak jauh berbeda. Capaian literasi statistis pada mahasiswa dengan kategori resiliensi tinggi dan sedang adalah hanya 1 komponen yang termasuk kategori baik yaitu pengetahuan konteks sedangkan 4 lainnya termasuk kategori kurang dan perlu ditingkatkan juga.
PROSES BERPIKIR ALJABAR BERDASARKAN METAKOGNISI Masnia Masnia; Stevanus Budi Waluya; Nuriana Rachmani Dewi; E Sohilait
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 9, No 1 (2023): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.9.1.89-94

Abstract

Matematika memiliki berbagai cabang ilmu diantaranya adalah aljabar, dimana dalam aljabar berupa persamaan, simbol, tabel grafik dan lain sebagainya. Aljabar adalah kognisi yang merupakan alat berupa fungsi dan pemodelan matematika. Berpikir aljabar merupakan sebuah proses dalam Berpikir dengan pendekatan masalah matematika yang berhubungan dengan penggunaan simbol, alat, diagram, tabel dan sebagainya dengan menguji dan membuktikannya. Salah satu pandangan tentang Berpikir aljabar merupakan aktivitas otak dimana metakognisi merupakan Berpikir dalam Berpikir  atau Berpikir tentang kognisi, di dalam metakognisi terdiri dari pengetahuan metakognisi dan manajemen metakognisi, dalam pengetahuan kognisi maka kita harus mengetahui tentang diri sendiri, mengetahui tentang strategi dan mengetahui tentang tugas, dalam manajemen metakognisi berupa sebuah perencanaan, monitoring dan regulari yang itu semua merupakan model cluster dari metakognisi yang bisa dijadikan indikator metakognisi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Berpikir aljabar berdasarkan metakognisi. metode dalam penelitian ini adalah tinjauan pustaka, tinjauan pustaka yang penulis ambil dari sumber primer jurnal baik jurnal nasional ataupun jurnal internasional. Kesimpulan dari proses Berpikir aljabar berdasarkan metakognisi adalah Proses Berpikir Aljabar berdasarkan metakognisi adalah sebuah proses Berpikir yang berhubungan dengan konten aljabar yang memiliki pemahaman tentang diri sendiri, strategi dan tugas dalam menyelesaiakan masalah matematika, disertai dengan perencanaan, monitoring dan regulasi dalam meningkatkan proses Berpikirnya.
PENERAPAN TRANFORMASI LINEAR DALAM RUANG LINGKUP BAHASA PADA ERA DIGITAL Zaki Maulana Hidayat; Sisilia Sylviani; Anita Triska
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 9, No 1 (2023): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.9.1.1-12

Abstract

Transformasi linier merupakan topik yang sering ditemui dalam kajian Aljabar. Beberapa peneliti dalam bidang matematika menggunakan transformasi linear dalam penelitian mereka. Penggunaan transformasi linear tersebut tidak hanya diterapkan dan diteliti dalam bidang matematika saja, tetapi di bidang lain juga dapat diterapkan. Salah satunya adalah penerapan dalam bidang bahasa. Pada paper ini dijelaskan mengenai beberapa penelitian dalam bidang tersebut yang menggunakan transformasi linear pada penelitiannya, Dari penelitian tersebut, para peneliti mengungkapkan bahwa penggunaan transformasi linear dapat memudahkan peneliti dalam menganalisis kesamaan makna kata dari vekor representasinya serta penerapannya lebih efektif dan efisien dibanding dengan metode yang lain
PERHITUNGAN TINGKAT RISIKO CYBER PADA LAYANAN KEUANGAN DIGITAL BERDASARKAN BIAYA KERUGIAN AGREGAT Putri Chaerunnisa Febryanti; Betty Subartini; Riaman Riaman
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 9, No 1 (2023): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.9.1.95-104

Abstract

Sektor keuangan memiliki inovasi yang akan mengubah fondasi perbankan sentral dan merevolusi semua pengguna jasa keuangan, yaitu Financial Technology(FinTech). Penerapan FinTech mengakibatkan kejahatan berbasis teknologi dan komunikasi pun meningkat pesat. Berdasarkan data dari Honeynest Project dari BSSN – IHP pada Bulan Mei-November 2018, Indonesia mendapatkan 12.895.554 serangan cyber. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi tingkat risiko cyber berdasarkan biaya kerugian agregat pada layanan keuangan digital berdasarkan model operasional yang dapat meminimalkan modal yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menghitung frekuensi kejadian serangan cyber mengikuti distribusi Poisson, distribusi kerugian mengikuti fungsi distribusi eksponensial, serta perhitungan besarnya kerugian agregat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi Poisson dan distribusi eksponensial dapat digunakan untuk mengukur risiko cyber berdasarkan biaya kerugian agregat, dengan biaya kerugian agregat terbesar adalah sebesar Rp2.925.235,49.
Tren Penelitian Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika: A Bibliometric Review Nur Putri Awaliah; Lilis Marina Angraini; Ilham Muhammad
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 9, No 1 (2023): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.9.1.43-62

Abstract

Kreativitas mengajar seorang guru sangat berpengaruh terhadap pemahaman siswa. Hal ini telah menarik perhatian para peneliti sehingga meningkatkan publikasi publikasi terkait kreativitas guru. Banyaknya hasil-hasil penelitian terkait kreativitas guru ini lah yang menelatarbelakangi penelitian ini dilakukan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat tren penelitian terkait kreativitas guru dalam pembelajaran matematika pada database scopus. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode analisis bibliometrik deskriptif. Dalam mencari data peneliti menggunakan database Scopus, diperoleh sebanyak 52 data setelah melalui empat langkah penyempurnaan, yaitu identifikasi, penyaringan, penilaian kelayakan, dan inklusi. Aplikasi VOSviewer dan Publish or Perish digunakan dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren publikasi terkait kreativitas guru dalam pembelajaran matematika meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Negara Indonesia dan Amerika Serikat menjadi negara yang paling berpengaruh terkait bidang ini. Adapun fokus penelitian terkait kreativitas guru dalam pembelajaran matematika yaitu, 1) creativity dan teacher perceptions; 2) teacher creativity dan teacher leadership; 3) teaching desain thinking, dan creativity self-efficacy. Adapun tema baru pada bidang ini yaitu motivation, higher education dan teacher leadership. Ketiga bagian fokus penelitian dan tema baru pada bidang ini dapat dijadikan pedoman untuk penelitian selanjutnya yang ingin mengambil tema kreativitas guru khususnya dalam  pembelajaran matematika untuk menetapkan fokus penelitian yang akan diteliti.
PENGEMBANGAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL BERBASIS WORDWALL UNTUK PESERTA DIDIK FASE E Dwi Nurriski Yanti; Sindi Amelia; Sri Rezeki; Agus Dahlia
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 9, No 1 (2023): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/fbc.9.1.119-130

Abstract

Untuk melihat kemampuan peserta didik maka diperlukan asesmen, instrument asesemen sangat penting dalam proses pembelajaran. Pada era serba digital saat ini dimana aplikasi pada smartphone sudah menjadi hal yang tidak asing lagi bagi guru maupun peserta didik. Oleh karena itu perlu dikembangkan aplikasi yang membantu proses asesmen dengan media digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal berbasis Wordwall pada materi sistem persamaan linier tiga variabel untuk peserta didik Fase E. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan tahapan Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, dan Produk Akhir. Hasil uji kevalidan menunjukkan bahwa soal SPLTV yang dikembangkan memiliki rata-rata tingkat kevalidan sebesar 91,91% dengan kriteria sangat valid. Dari sampel uji coba terbatas terhadap peserta didik Fase E di SMAN 4 Pekanbaru sebanyak 26 orang, diperoleh hasil kepraktisan soal SPLTV berbasis Wordwall sebesar 78,57% dengan kriteria praktis. Respon guru terhadap soal SPLTV berbasis wordwall ini sangat baik yaitu sebesar 93,33% dengan kriteria sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa soal SPLTV berbasis Wordwall yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10